Tempat-Update-Informasi-Digital-Teknologi-Paling-Lengkap
Trending

Mutualan Artinya? Berteman Dekat, Simak Now

×

Mutualan Artinya? Berteman Dekat, Simak Now

Sebarkan artikel ini
Mutualan-Artinya

mutualan artinya bagaimana? Meski slang ini menjadi salah satu slang yang sering digunakan oleh pengguna jejaring sosial. Nyatanya, tidak semua orang mengerti penggunaan kata ini. Istilah ini biasanya digunakan untuk berpindah dari satu sosial media ke media online lainnya.

Jadi, mutualan artinya bagian dari bahasa untuk bertambah teman dalam dunia sosial media untuk generasi muda terutama Gen Z. Jadi, bagaimana sebenarnya mutualan itu? Berikut adalah informasi selengkapnya!

Jadi Mutualan Artinya?

Seperti biasanya, dalam bahasa indonesia terdapat beberapa kata yang dihasilkan dari penggabungan kosa kata bahasa lain. Mutual sendiri berasal dari kata ‘mutual’, yang memiliki makna ‘saling, timbal balik, atau bersama-sama’.

Slang ini kerap kali digunakan untuk menyatakan niat atau keinginan untuk berteman lebih lanjut dengan seseorang di platform media sosial. Dengan berteman atau mutualan, Anda bisa berkomunikasi dengan orang tersebut dengan mengikuti akun media sosial teman baru Anda.

Asal Muasal Slang Mutualan

Mutualan awalnya hanya muncul di Twitter, dan konon katanya slang ini berasal dari platform tersebut. Slang ini terinspirasi dari kata dasar “mutual” dalam bahasa Inggris yang berarti saling atau bersama.

Kemudian, pengguna jejaring sosial yang saat ini dikenal dengan platform X ini menambahkan akhiran -an di belakangnya. Hal ini dilakukan untuk membentuk kata “mutualan”. Arti mutualan tidak hanya sebatas topik, tetapi juga mencakup berbagi emosi. Jadi, mutualan tidak hanya menambah kedekatan, tapi juga menunjukkan ikatan emosi satu sama lain.

Jika sebelumnya slang ini hanya digunakan di platform X, saat ini slang tersebut sudah banyak digunakan di platform lainnya. Seperti seperti Telegram, WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Hal ini menunjukkan bahwa konsep mutualan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di dunia digital, di mana interaksi sosial dan koneksi antar pengguna sangat penting.

Cara Mutualan di Sosial Media

Mutualan-Artinya

Setelah ini, kamu dapat mempelajari cara berkolaborasi di media sosial, seperti Twitter, Instagram, atau Facebook. Langkah pertama adalah melihat profil orang yang ingin kamu jadikan teman di media sosial tersebut.

Kamu bisa mengklik profil orang tersebut, lalu menghubunginya melalui mention atau DM untuk saling mengikuti atau mutualan. Penting untuk mengirim pesan dengan bahasa yang sopan. Selain itu, kamu juga bisa memulai dengan berkenalan terlebih dahulu kepada mereka.

Cara Mutualan di Game Online

Selain di jejaring sosial, ternyata slang mutualan ini juga digunakan di Game Online. Biasanya pemain harus bermain bersama atau mabar (main bareng) dengan orang yang ingin dijadikan teman. Setelah beberapa kali bermain bersama, kamu bisa menambahkan teman tersebut sebagai teman di dalam game.

Tidak sampai disitu saja, ada beberapa game online yang saat ini sudah dilengkapi dengan fitur chat. Fitur ini biasanya akan menghubungkan Anda dengan warga lokal atau luar negeri. Dalam kolom chat tersebut, kamu dapat saling mengikuti atau bermain bersama dengan pemain lainnya.

Tips Mutualan di Jejaring Sosial dan Game Online

Dalam dunia virtual seperti media sosial, terdapat banyak hal yang tidak selalu jelas dan berbeda dari keadaan sebenarnya. Penting untuk memastikan jenis akun yang kamu interaksi, apakah itu akun personal, akun cyber, atau akun penggemar.

Jika ada kecurigaan terhadap suatu akun, bijaksanalah untuk mempertimbangkannya dengan seksama. Namun, jika merasa nyaman dengan orang tersebut, tetaplah berkomunikasi dengan sopan dan tidak berlebihan.

Penting juga untuk tidak memberikan informasi pribadi saat baru mengenal seseorang di dunia virtual. Selalu berhati-hati dalam menambahkan orang sebagai teman atau mengikuti mereka agar tetap aman dalam menggunakan media sosial.